Wisata Kuliner di Kota Pahlawan

Seminggu yg lalu, gw dan temen2 ke surabaya buat menghadiri pesta pernikahan salah satu dr temen kita. yang namanya pergi ke kota baru, pasti dong kita pengen cobain dan lihat2 sesuatu yg ga ada di kota kita.

Setelah kita did some research.. ternyata ada beberapa museum / tempat wisata yang wajib di kunjungi disana, seperti House of Sampoerna dan Museum Angkut contohnya.. tapi karena keterbatasan waktu, akhirnya kita cuman bisa wisata kuliner doang deh minggu lalu.

Ternyata kota kedua terbesar di Indonesia ini punya banyak banget makanan yg wajib di coba, dan gila.nya setiap nyetir 5 menit, pasti ketemu kuliner local atau cafe yg lagi hip di kalangan arek2 suroboyo.

Berikut adalah list makanan yg kemarin kita icip di kota kelahirannya president pertama kita, alias Bung Karno :

1. Tambak Bayan 

Jalan Pasar Besar Wetan 7.

IMG_1150

Kita kemaren pesen Nasi Empal. Ini semacam nasi campur khas Jawa gt, dimana ada nasi, telur pedas, daging ayam masak kecap, soun yg menurut kita agak horror karena terlalu hitam (kyknya di masak pake kecap gt, tapi enakk.. hehe), daging suwir pedas, dan empal. Empal.nya ini bisa di ganti ayam kalo mau. tinggal bilang aja sama yg jual maunya apa.. menurut gw ini nasi biasa aja sih, ga sampe fantastic gimana gt. tapi mnurut si Bern sih nasi ini enak pake buanget.. haha. yg sedep bngt itu cabe.nya. hehe. buat yg ga suka cabe, hati2 yahh.. kecoel dikit aja bisa lngsung minum sebotol nanti. hehe..

2. Kwetiau Apeng

Jalan Kedungdoro No.267.

Restaurant ini nampaknya tidak Halal, jadi buat temen2 yg halal, ini bisa lngsung di skip aja.. hehe..

Buat yg suka banget sama kwetiaw dan bakmi, gw rasa restaurant ini wajib banget buat di kunjungi. Rasanya sih sbenernya biasa aja.. tapi entah kenapa, nagih aja gt.. kyk gurih bngt.. haha..

Kemarin kita pesen 4 menu seperti berikut :

IMG_0606

Kwetiau Goreng, Kwetiau Siram, Mie Keriting Rebus dan Pangsit Goreng.

menurut gw paling enak itu Kwetiau Goreng sama Mie Keriting Rebus.nya. hehe.. tapi ini personal taste aja kali yahh.. banyak yg suka kwetiau siram.nya juga sih dnger2..

Kalo mau kesini, siap2 buat antri minimal 20-30 menit.. mrk siapin tempat duduk gt kok di luar restaurant.nya.. dan sambil nunggu, kalian bisa icip2 juga jajanan surabaya percis di depan rumah makan mereka.. jadi lumayand gt, bisa ganjel perut dulu kalo udah kelaperan.

3. Rawon Setan

Jalan Embong Malang I No. 78.

Pasti sering denger dong yahh, kalo ke surabaya, harus cobain Rawon Setan. kemaren beberapa temen sempet ga mau cobain, soalnya mrk ga bisa makan pedes.. ternyata oh ternyata.. tafsiran kita salah.. haha.. di namain Rawon Setan, karena bukanya malem aja.. haha..

Kalian bisa pilih antara Rawon Daging atau Rawon Iga. Dan kalian harus mention nasi.nya di campur ga sama kuah rawonnya.. kalo gw sih ga suka yg becek2 gt.. enakan di pisah.. hehe..

IMG_1296

Maaf buat picture yg kurang bagus.. udah di cobain dr segala angle, tetep ga bs cantik-an lagi voto.nya.. haha. Gw cukup suka sihh sama Rawon ini.. asin2 gitu.. daging.nya juga empuk. cabe.nya kurang pedes tapi kalo mnurut gw. hehe.. buat yg suka kerupuk, tenang aja.. mrk jual juga kok kerupuk2an.. jadi makin asik deh makannya.. hehe. tapi kalo menurut si Bern lagi nih.. rawon yg paling enak yg dia pernah coba itu, pas lagi jalan pulang dari bromo.. kata.nya doi lewatin kota probolinggo, tapi doi lupa nama tempatnya apa.. haha.. kalo ada yg kira2 tau. boleh yah share2 info disini. hehe.

4. Seafood Layar

Jalan Manyar Kertoarjo No.74

apa istimewa.nya seafood? di Jakarta atau di kota kalian juga pasti ada dong yah seafood enak. gw juga ga paham istimewanya apa. haha.. tapi yg pasti semua masakan disini enak bngt.. berasa masih fresh dan bumbu2.nya pas gt untuk semua masakannya.. jadi yah mungkin itu kali yahh yg special dari rumah makan ini.. katany sih cabang doi banyak bngt nihh.. gampang di cari.. tapi kebetulan kemarin kita makan di daerah Manyar gt kalo ga salah. hehe.

kalo di tanya must try.nya sihh.. gw bilang Kepiting Saus Padang, sama Kulnenek Saus Tauco. Bisa gw sapu bersih semua.nya.. bumbu.nya loh yg sedep puoll.. hehe..

IMG_1166

IMG_1165

Buat yg ga tau Kulnenek, ini tuh sejenis keong gt kalo ga salah.. gw juga baru pertama kali makan sihh.. pertama takut makannya, setelah hisapan pertama, malah langsung keranjingan. haha. Makasih Ci Natasha and Ko Sam udah introduce si Kulnenek ke aku.. hehe..

5. Depot Bu Rudy

Jalan Raya Kupang Indah No.31

Orang indonesia, pasti tau dong kalo ini sambel juara bngt buat pedes.nya.. dan gw baru2 ini aja dong taunya kalo si Bu Rudy ini punya restaurant. haha.. gw pikir dia cuman jualan sambel aja.. kemana aje gw? hahaha.

Akhirnya kita sempetin deh kesana walaopun perut sebenernya udah ga muat masuk.

Yang paling hits dsini sih menu Nasi Udang Empal ‘Bu Rudy’.

IMG_0687

tapi karena gw ga gt doyan udang, jadilah gw pesen Nasi Bakar + Bakwan Penyet (aka Bakso penyet), 

IMG_0675

sumpah ga pake bohong, nasi bakar mereka sih enak buangett.. malah menurut gw ga usah pesen lauk lagi. soalnya udah ada ayam suwirnya juga di dalem.. Nasi Bakar + sambel bu rudy. beuhh.. nikmat puol dehh..! hehe..

oh iya, jangan lupa order Pisang Goreng Madu juga yahh.. itu pisang terenak juga seumur hidup gw.. haha.. manisnya tuh enak abis.. ga bikin eneg.. hehe

IMG_0677

Dan kalo kalian mau bawa pulang sambel dan oleh2 lainnya, jangan takut, karena bnyk bngt jajanan yg bisa di bawa pulang ke kota kalian. hehe.

6. Bakwan Kapasari 

Pasar Atom Tahap V

Gw itu penggemar bakmie dan bakso, kalo denger ada yg enak, pasti gw jabanin. haha. Temen kita si Ria bilang kalo ke Pasar Atom, harus makan Bakwan Kapasari, yaudah dehh lngsung tancap kesana buat sarapan waktu itu.

Setelah duduk dan tanya2. ternyata mereka bisa pesen 1 pcs per item. jadi kita bisa cobain macem2 bakso.

Minggu lalu itu kita cobain Bakwan Halus, Bakwan Urat, Siomay Kubis (Siomay di bungkus Kol), Siomay Basah dan Siomay Goreng. Pas deh 5 item buat sarapan. hehe..

IMG_1300

karena ternyata harus bayar dulu.. yaudah deh, gw pikir gw bayarin dl aja biar ga ribet. nanti baru hitung lagi.

dan pas bayar ke cashier.. ya ampun.. kagetnya gw.. total.nya Rp 400.000 untuk 8 mangkok bakso. yg berarti 1 orang harus bayar Rp 50.000.. gw sampe berenti dan merhatiin bon.nya, gw sampe mikir itu jangan2 pesenan tante depan gw.. karena kedengeran doi mau beli 100 bakso.. ya Tuhan.. ternyata kita baru tau kalau 1 bakso itu harganya Rp.8000, dan 1 siomay harganya Rp 9.000. *tepokjidat* Yah maklumlah kaget, biasa kan 1 mangkok bakso paling harganya Rp 20.000 aja paling mahal. haha.. Tapi Jujur, ini bakso uenakk tenannn.. hehe.. rasa dagingnya berasa banget. haha.. well. mungkin karena kalo bakso murah kebanyakan tepung kali yahh.. hehe.. dan mungkin karena mahal juga, jadi di nikmati deh tiap gigit.nya.. hehe..

Untuk bakso2 ini, saya kurang yakin Halal apa nggak. maaf temands2. =(

7. Cakwe Peneleh

Pasar Atom Lantai Dasar Amtara Tahap III dan IV.

Si Cakwe Peneleh ini letaknya ga gt jauh dari Bakwan Kapasari. Ternyata Cakwe Peneleh ini cuman jualan snack2 aja.. kyk kue2 basah, siomay2, sampe wedang ronde.. pokoknya pas liat corner snack ini.. haduh. rasanya mau di borong semua dehh.. Maklum, di Singapore ga ada yg model2 kyk gini. haha. tapi karena perut udah mulai berasa penuh, yasudah dehh.. cobain aja Cakwe yang paling hits di surabaya ini..

Cakwe Peneleh yg kata mba.nya sih isinya ayam + udang gituu..

IMG_1305

rasanya enak.. tapi harusnya lebih enak lagi pas mrk selesai gorengg, dan di makan selagi hangat. hehe. waktu itu sayang bngt kita take away gara2 mau irit waktu ke tempat lain. jadi pas makan udah dingin gt.. =(

8. Bon Cafe

Jalan Manyar Kertoarjo 5 Nomor 1-5

Oke. ini tempat steak semacam glosis gt kali yah kalo di Jakarta. ini tempat selalu rame kalo kata temen surabaya kita.. yah mungkin karena tempatnya yg gede, jadi bisa accomodate banyak orang. suasana.nya agak retro gt, tapi cozy buat ngobrol, lumayand cocok buat temen2 dan kluarga.

Waktu Kesana gw makan Rib Eye Steak (import)

IMG_1237

Nah, yg bikin restaurant ini rame setiap hari. mungkin karena harga steak.nya yang aman di kantong dan nyaman di perut. hehe.. mungkin buat kita yg tinggal di Singapore, ini bisa di bilang Aston’s.nya surabaya kali yah.. hehe..

Sekian Wisata Kuliner gw di Kota Pahlawan ini.. 3 hari yang bikin gw takut nimbang sekarang..  haha.

Sebenernya the List goes down terus sihh.. kyk mau cobain Bakmi Ujung Pandang, Ayam Penyet Bu Kris, Ayam Penyet President, Bebek Goreng dan Bubur yg gw udah lupa sekarang namanya apa. haha..

mudah2an list ini ngebantu yah buat temen2 yg mungkin mau pergi ke Surabaya. maaf cuman bisa review 8 macem aja buat saat ini.. kalau gw ke Surabaya lagi, pasti gw tambahin list.nya nanti. hehe.. Dan Kalo temen2 tau rumah makan di Surabaya yg patut di coba, share2 disini juga yahh.. hehe..

 

23 thoughts on “Wisata Kuliner di Kota Pahlawan

  1. Jeeeeeennn.. ya oloh.. gua langsung drooling.. sumpah kayanya beneran semuanya pengen gua lahap. wkwkwkw.. 😀

    jen.. lu gak sendiri kok. gua juga baru tau kalo bu rudi juga buka rumah makan. bahkan sambelnya aja gua belum pernah cicip. *kasian amet yah gua*. ahahhahaha

    Like

    • hahaha.. ngidamnya efek hamil kali pi? haha.. iyaa.. abis yg terkenal cuman cabenya doang yahh.. gw juga cobain cabe.nya gara2 dulu pas ngekost. housemate gw orang surabaya.. jadi dia suka bawa cabe.nya gitu jaman dulu. haha.

      Like

    • iyaa.. aku juga sebenernya biasa aja sih sama rawon. tapi aneh deh. kadang2 bisa kepengen gt out of the blue.. hehe.. kwetiau sih harus coba kalo disana.. hits abis pokoknyaa. haha..
      cakwenya juga aku baru pertama kali liatt.. jadi kyk cakwe isi gt.. enak sihh. hehe..

      Like

  2. Astaga langsung nelen ludah baca beginian siang-siang. Gue suka banget nasi campur tambak bayan, apalagi sounnya. Bahkan sering bawa pulang ke Jakarta. Di sebelah nasi campur tambak bayan ada tante-tante jualan sosis babi, enak banget!x

    Like

  3. Jeeeeen, dari 8 masak gw cuma pernah ke 3 tempat yang disebutkan cobak. But in my defense, jauh-jauh dari rumah Jen. Jadinya tahunya cuman kulineran sekitar rumah. Hahaha. Rawon setan dari 3 yang pernah gw cobain yang enak. 😛

    Like

    • bakwan kapasari man.. haha.. kawasaki mah motor bukan sih? haha..
      iyaa.. tapi itu bakso.nya eunakk bngt sihh emang.. yg lainnya belom pernah dnger.. baru dnger dr elo nih. haha.. buanyak bngt yah ternyata must try.nya disana.. hehe..

      Like

Leave a comment