#Random : Biaya Hidup Sekolah Bahasa di Taipei

Halo semua, udah lama ga nge-blog gara2 libur chinese new year. hehe. Minggu depan gw bakalan mulai semester baru nih di NTU (National Taiwan University) atau orang biasanya sebut ‘Tai Da’.

Pengen share aja soal uang sekolah bahasa di Taipei,Taiwan, since beberapa orang juga sempet nanyain tentang ini.

Well, sebenernya sih kalo lu buka website NTU sendiri, bakal terpapar nyata *ala syahrini* soal uang sekolah mereka. Nah, mungkin yang gw share disini lebih ke soal biaya hidup di Taipei.nya sendiri kali yah sebagai student. Hehe.

Gw udah compare2 beberapa sekolah untuk gw belajar bahasa mandarin.

Yang pertama adalah Singapore sendiri, kota yang nyaman tapi mahal dimana gw menghabiskan 8 tahun gw disana. Gw cek beberapa skolah bahasa yg lumayan ternama seperti Inlingua, NUS (chinese language division), dan Spring College International.

Singapore biasanya ga memaparkan biaya secara concrete di website elo harus email/telpon mereka atau datang sendiri ke sekolahnya. Dan ketika elo bertanya, elo harus pastiin lagi apakah biaya itu sudah termasuk GST (pajaknya singapore) dan student pass (kalo elo ga punya Permanent Resident) disana.

Di bawah ini adalah rincian harga salah satu sekolah bahasa Singapore yg gw sebut di atas selama 6 bulan :

Items

3 months Course

6 months Course

Remark

Application Fee

$513.60 (For those who need student’s pass)

$513.60 (For those who need student’s pass)

Non-refundable

$107 (For those who do not need student’s pass)

$107 (For those who do not need student’s pass)

Course Fee

$3531.00

$6099.00

Material Fee

$278.20

$535.00

Examination Fee

$107

$214.00

FPS Admin Fee

$160.50

$160.50

Medical Insurance Fee

$107.00

$107.00

Certificate Producing Fee

$21.40

$21.40

Total

$4718.70

(inclusive of GST)

$7650.50

(inclusive of GST)

Well, karena kebetulan gw ga perlu bayar rent di Singapore. Jadi gw bisa irit di bagian itu, tapi kalo ada yg minat buat sekolah di singapore, harga Rent 1 kamar + listrik dan air itu kurang lebih ranging dari harga SGD 700-1400 (tergantung type rumah dan daerah). Untuk Uang Jajan, kalo gw sendiri biaya Makan + Transport + Nonton Movie + Ngafe cantik + Belanja bisa ranging dari SGD 1000-1200 (tergantung lifestyle of course).

Jadi kalo di hitung2, biaya gw hidup di Singapore selama 6 bulan sekolah bahasa adalah

  • 6 months school Fee = SGD 7650
  • Uang Makan dll – SGD 1000 x 6 = SGD 6000

Total SGD 13,650 (kurang lebih Rp 130 juta)

Oke, sekarang kita liat table uang sekolah di Taipei.

Dan ini adalah biaya kurang lebih hidup gw di Taipei selama 6 bulan:

Visa Student

1,300,000

*seharusnya hanya Rp 650,000. Tapi karena aku pulang liburan ke Jakarta, jadi aku harus bikin lagi visa yang baru (agak complicated memang soal visa Taiwan)
Tiket Pesawat PP Jakarta-Taipei

8,400,000

*first trip
Tiket Pesawat PP Jakarta-Taipei

8,300,000

*second trip (open ticket)
Winter course

11,800,000

*NTD 29,100
Spring course

14,200,000

*NTD 35,000
Material Course

810,000

4 books for winter and spring course *NTD 2000
AirBnb (Nov2015-Feb2016)

11,000,000

*NTD 27,000 (wrong decision – this is too expensive for 3 months winter course stay because its AirBnb)
Apartment (March-May2016)

7,800,000

*NTD 19,500 (my new house for the next 3 months)
Living Cost (6 bulan)

29,000,000

*NTD 72,000 (kurang lebih aku hidup disana menghabiskan NTD 10-12,000 / bulan untuk makan, transport, ngafe, movie dan jalan2)
Total

92,610,000

*Rupiah – dan semua harga di table ini adalah pembulatan ke atas setelah di convert

Kalo kalian pengen bngt belajar bahasa dngn cara lebih irit di Taipei, kalian bisa apply scholarship ke NTU ini. Dan karena gw bolak balik jakarta pas 6 bulan ini, jadinya gw harus spent more on air ticket dan visa. kalo nggak bisa lebih murah lagi.. =( NTU ini adalah salah satu sekolah termahal untuk sekolah bahasanya, tapi menurut gw lumayan worth it karena satu kelas cuman 5-7 orng aja. Dan kalau elo mau belajar di kota yg lebih kecil seperti Taichung atau Tainan dan Kao Hsiung, di jamin living cost elo lebih murah lagi di Taiwan, di tambah lagi mereka ada system bus yg ga perlu bayar kalo elo travel les than 5km.

Gw juga udah check sekolah di Guangzhou, China lewat agent sekolah bahasa gitu, Kurang lebih Rp 30,000,000 selama 4 bulan (1 semester) belum termasuk harga tiket pesawat, pembuatan visa, dan medical check up. Of course kalo ke Shanghai dan Beijing lebih mahal dr Guangzhou. Dan untuk biaya hidup di China, maaf saya kurang tau soal ini.. hoho.. Dan untuk kelas regular, biasanya di China itu akan nampung 10-20 orang per kelasnya.

Salah satu dari banyak alasan kenapa gw ke Taipei adalah biaya hidupnya si, jauh lebih murah di banding Singapore, and you get to experience new environment that can help you in speaking chinese juga. hehe.

Semoga rincian yang seadanya ini membantu ya buat temen2 yang lagi consider buat belajar bahasa.. tapi tentunya semua balik ke masing2 orang ya soal lifestyle.. dan harga yg gw paparkan ini hanyalah sekolah bahasa yg regular saja, kalau intensif atau private tentunya akan beda lagi harganya.. hehe..

 

 

19 thoughts on “#Random : Biaya Hidup Sekolah Bahasa di Taipei

Leave a Reply

