#TravelTalk : Orang-Orang yang Tak Terlupakan

Ketika kita travelling / jalan2, selain kita menikmati pemandangan yg breathtaking dan kuliner yang tidak ada habisnya, pasti banyak ketemu orang2 local asli yang berkesan – baik atau buruk.

Nah tiba-tiba kepikiran aja nih untuk nulis soal orang-orang yang tak terlupakan pas gw travelling, yang indirectly mengajarkan gw sesuatu di dalam kehidupan ini. #eaaa haha

1. The Palestinian Guy 

Kira-kira 2-3 tahun yang lalu, gw dan beberapa temen ke Israel untuk ziarah. Tapi trip ziarah ini agak berbeda dengan trip-trip ziarah orang indonesia lainnya. Kenapa? Karena kita ga ikut tour dari gereja.. tapi kita ikut private tour sendiri yang ga ada pendetanya..

Hotel pertama kita terletak di Bethlehem, Palestina. (Iya, Bethlehem itu bukan di Israel). Karena kebetulan hotel kita deket perbatasan Palestina dan Israel, setelah day-tour selesai kita pun foto-foto di tembok perbatasan. Sempet di teriakin orang local juga dari mobil pas foto2 disana, ga tau apa gw yg ge-er di teriakin, apa emang beneran di teriak-in.. haha. tapi anyway, ga ngerti juga dia teriak apa..

Pas pulang ke hotel untuk dinner, ternyata yg dinner saat itu tuhh cuman gw sama temen2 aja.. jadi ga ada orang lain lagi.. Akhirnya temen gw yg cowok pun iseng ajak ngobrol waiter yg lagi serve kita. ‘Do you play Basketball?’ kata temen gw.. Dan dari sana, langsung aja dongg kita ngobrol luamaa sama dia..

Ceritanya doi orang Palestina asli, dia sempet tinggal di luar (kalo ga salah Amrik) – lupa juga kenapa dia bisa keluar dari sana. Setelah dia tinggal cukup lama di luar, karena ada 1 family issue dia pun harus balik ke Palestina.. dan setelah dia balik ke negaranya, dia ga pernah bisa balik lagi atau jalan2 ke luar negri lainnya. Kita pun kepo deh.. Nanya2 kenapa doi ga bisa pergi jalan2?

Pemerintah Palestina itu katanya ribet bngt, somehow rakyatnya di buat susah untuk keluar negara mereka sendiri.. Setelah itu, Israel juga super strict untuk nerima orang2 Palestina untuk masuk ke negara mereka. Sempet bingung apa hubungannya dia mau kluar negri sama Israel. Ternyata, cerita punya cerita.. Palestina tuh ga punya airport. Jadi keluar masuk harus lewat Israel. ~~

Untuk orang Palestina ke Israel sendiri, mereka harus apply jauh2 hari untuk visanya. dan apply visa Israel ini ga tentu dapet walopun udah nunggu lama. Dan ketika dapet-pun, biasanya ga akan di kasih lama. Perbatasan Palestina-Israel pun di jaga super strict, ada ruangan jeruji yang hanya bisa di lewatin satu orang (ini keliatan pas mobil van kita lagi di periksa sama polisi2 ganteng Israel). Miris banget denger cerita dia. Karena dia bilang di palestina ga gt bisa kerjain banyak hal, sepertinya istilah ‘gapailah cita-citamu setinggi langit’ terbunuh di kota ini.. (kalo dari ceritanya doi yaa.. hoho)

Moral : Dari sini gw belajar, kita sebagai orang Indo harus banyak2 bersyukurrr.. karena mau jalan2 gampang. Indonesia punya banyak hal yang bisa di explore.. Gunung yg keren, Laut yang indah, padang2 yang luas..  Kalo mau kluar negri pun, sesusah-susahnya visa.. Kemungkinan dapet kita pun sangatlahh besarrr. Dan ga perlu visa juga kalo mau jalan2 seputar SE Asia. Dan Kalo kita punya cita2, masih ada harapan untuk menggapai dan merealisasikan cita2 kita..

SONY DSC

 

2. The Grand Bazaar Guy

Kalo lu ke Istanbul, Turkey. Lu ga boleh ngelewatin yang namanya The Grand Bazaar (the oldest and the largest covered market in the world). Banyak banget yang jualan disini, kalo ga ingetin jalan masuk, gw yakin lu bisa tersesat di dalem sini.. Kebanyakan jual barang2 souvenir sih (sejauh mata gw memandang ya) kayak shawl scarf, karpet, pajangan2, sampe lampu2 kyk lampu aladdin. Banyak banget mas2 turki yang senyum2in kita, yang panggil2 kita, pokoknya mrk berusaha jualan barang mrk dehh, atau at least buat liat2 barang mereka. Tapi kita cukup ignorant, karena waktu itu udah ga gt mau lihat2 lagi.

Tiba2, ada yg teriak ke gw, ‘Mammm, you dropped something!’

Gw denger dia ngomong gt, tapi gw ga nengok, karena gw pikir mungkin aja itu bukan gw. Eh, terus dia teriak lagi hal yg sama.. Terus gw mikir, ‘ahh.. ga mungkin gw drop something. Kan gw pake tas selempang, dan tasnya gw taroh depan’

Dan dia pun teriak lagi untuk ke3 kali.nyaa.. dan akhirnya gw pun nengokk ke orang itu, dan nengok ke bawahh. And do you know what he did??

Dia nunjukin tangannya ke lantai..  lalu mengarahkan tangannya itu perlahan2 ke toko dia.. dan dia pun tersenyum sama gw.

Dan gw sama 2 temen cewek gw langsung sontak ketawa terbahak2.. Ide yang super creative bngt buat menarik perhatian orang untuk berkunjung or at least liat barang apa yg lu jual (dari pada cuman triak2 kayak mba2 di mangga dua) hahaha. Walopun akhirnya kita ga mampir juga sih ke toko itu..

Moral : Do something out of the box to grab attention for your business. di saat yang lain cuman panggil2 atau nanya ‘where do you come from?’ which is overrated question di turki menurut gw. ahhaha. Daya juang si mas2 di grand bazaar ini perlu di acungin jempol, karena gw yakin kalo jualan di grand bazaar itu pasti susah bngt. Yaaa. Sama-lah kyk hidup kitaa.. Kadang susah banget rasanya buat people to notice our business atau potensi yg ada dlm diri kita.. Tapi dia ngajarin gw buat jangan nyerah di tengah beratnya bersaing di ibukota..

SONY DSC

 

3. The Chef

Ketika gw jalan-jalan ke Jepang, gw mampir ke koya Kyoto. Kota geisha yang indah yang lu harus visit ketika main ke Jepang. Trip gw ke jepang, fulll dengan makannn.. makann dan makann.. haha.. Jadi ketika gw main ke Kyoto, gw udah ngincer salah satu restorant jepang yang namanya Kichi-Kichi Kyoto.. Omurice yang super sensational menurut gw..

Karena temen cowok gw bisa dikit2 bahasa Jepang waktu itu.. akhirnya mereka pun ngobrol, dan yg lainnya pun menjadi pendengar yang baik. Jadi ternyata si bapak chef ini ketemu inspirasi dan belajar bikin omurice itu pas dia lagi berkunjung ke Indonesia lohh..

Gw yg kyk? What? Nemu inspirasi makanan Jepang di indoo.. ga nyambung bngt ga sih? haha.. Kalo nemu cabe ulek enakk di Indoo.. Nahh.. itu baru ga anehh.. haha..

Moral : Dont limit the place where you can get your inspiration from. Gw sering dnger deh kalo orng2 cari inspirasi di tempat2 tertentu, contohnya kalo mau dapet inspirasi fashion, harus ke fashion2 events.. siapa tau kan di pasar pun kamu bisa dapet fashion inspiration. kalo mau terinspirasi buat bikin lagu, harus di tempat2 yang tenang.. siapa tau kan lu dapet inspirasi lagu lu dari hingar bingarnya suatu tempat. haha.. Dan tentunyaa, jangan pernah berenti belajar.. and you never too old to learn something new. A note to myself too that im not too old to learn Chinese Language as well. hahaha.. *walopun orng2 ngomong lebih susah jauh buat blajar bahasa pas lu udah lewat umur 20* #kibasrambut #shakeitoff #doakanakulancar hahaha

SONY DSC

 

 

 

Advertisements

14 thoughts on “#TravelTalk : Orang-Orang yang Tak Terlupakan

  1. Kadang kita diingatkan untuk bersyukur ketika melihat kondisi orang lain yang lebih “ngga enak” daripada kita ya. Kalau dipikir-pikir ada egoisnya juga sih, but that is life… 😦

    Dan iya itu orang di Grand Bazaar-nya kreatif bener ya, hahaha 😆 . Aku pengen nih ke Istanbul, tapi kok lagi ga enak begini situasinya sekarang, haha…

    Ah, aku baca postingmu yang Kichi-Kichi itu bikin aku penasaran trus akhirnya ketika beneran ke Kyoto aku mampir juga, haha. Untung banget kita dibolehin masuk padahal belum booking (Hoki soalnya ada yang uda booking tapi telat jadi kita bisa take over bookingan-nya orang itu. Trus ketika orang yang telat itu datang, orangnya jadi ga dibolehin masuk loh. Gelo ya, haha 😆 ).

    Like

  2. Pantes ga pernah ketemu orang Palestina / Israel sebangsanya waktu masih kerja di tempat lama Ci, ternyata karena itu toh. Kasian ya :”> Pdhl lumayan juga banyak tamu dari Arab atau another part of Middle East tp emang keduanya ga pernah kedengaran gaungnya.
    Anyway paspor lu masih paspor Indo atau udah SGP, Ci?

    Like

    • orang israel lebih leluasa untuk pergi travel sii gee seharusnyaa.. yg mayan kasian orng palestina.. huhu.. iyaa sii.. bnyk bngt klo orng middle east ato arab gt.. masih cinta indonesia kokk akuhh geee.. ehehhe..

      Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s