Update Hidup 10

Ya ampunn.. Habis ngecek kapan terakir update soal hidup di blog ini, ternyata udah lama banget! November 2016 aja.. awal2 dimana gw baru pindah ke Jakarta.. gak kerasa banget, time flies like nobody’s business.. and the most important thing is i’m getting oldddd! goshhh! hahaha

Gw tuh masih suka banget in denial! masih berasa umur 16 tahun, or least umur 23! HAHA.. dimana hidup gw masih gak mikirin banyak hal.. Well, dulu umur 23 juga udah mikirin bnyk hal sih, tapi kyknya di umur gw yg skrng ini, lebih buanyak hal yg gw harus pikirin, seperti..

Kerjaan 

Dari dulu juga mikirin kerjaan sih, tapi skrng kyknya lebih mikir, apa purpose Tuhan di hidup gw? #eaaa.. Tiba2 jadi dalem. Yah, karena gw orang beragama yg cukup percaya hidup ini ada purpose dari Tuhan, gw jadi kepikir aja gituh, hidup gw ini buat apa yah? Gimana caranya gw bisa memberkati orang lain dr pekerjaan gw?

Gw tuh selalu mikir, kerjaan jadi dokter, guru atau kerja di United Nation itu kyknya keren banget, soalnya berguna bagi bangsa dan negara. Well, gw yakin juga sih, semua talenta yg Tuhan kasih ke kita juga gak kebetulan, yaitu untuk memberkati orang lain juga, kyk businessman misalnya, dia bisa buka usaha baru dan mempekerjakan orang-orang lain, atau kayak ahli tata kota gitu yang buat kota kita lebih nyaman untuk di tinggali, etc.

Ya mungkin di kerjaan gw yg saat ini, gw bisa memberkati client gw dengan perfomance yang baik hingga semua acara bisa berjalan dengan lancar, dengerin curhatan2 client, give encouragement buat bride yg lagi stress, dan sebisa mungkin bantu all my clients (if it’s still within my capacity).. so far i feel content with what i’m doing now. ya di karenakan, kerjaan ini juga berkat kan dari Tuhan. Tapi yah, lagi di stage dimana gw bertanya aja sama Tuhan, ‘What’s next?’

Bukannya gw bosen dengan apa yang gw lakukan, atau udah ngerasa jago. Because for me, to live is a lifelong learning. cuman ngerasa pengen ada perbesaran kapasitas aja, yearn to do more things, tapi gak tau apa dan gimana. hahaha.. Ada yg lagi ngerasa kayak gw gak?

Money and Time Management 

Memulai hidup freelance 2 tahun lalu, ternyata gak mudah ya gengs. Haha.. ada yg hidup nya freelance juga disini? 

Kalau ngobrol sama orang2 yg masih kerja, kyknya pengen balik gituh ke kehidupan kantor. Dimana ada gaji per bulan yg fix, dan cuti yang bisa di ambil buat travel. Kyknya hidupnya lebih teratur aja gitu. 

Hidup freelance itu enak menurut gw, karena gw gak suka bangun pagi. Haha. Jadi gw bisa bangun siangan dikit tiap hari-nya. Tapi ternyata tantangan ‘Time management’ yg baik itu susah banget gengs! Gw belajar banget untuk use your time wisely akhir2 ini.. karena waktu berjalan terus, and no one care about your progress except yourself. Ya secara kalo dulu di kantor kan ada yg mantau, dan skrng nggak.. 

Sama hal-nya dengan ‘Money management’, pas masuk banyak, rasanya mau travel dan belanja terus.. Pas masuk dikit, nah lohh! Bingung gimana.. haha.. 

Gw lagi berusaha nabung 30% nih dari semua pendapatan gw, tapi belum nemu formula yang pas buat atur pemasukan dan pengeluaran. Apalagi gw sering pergi ke luar kota gengs buat kerja, jadi mikirnya sekalian holiday gt. Dan ini parah bngt! Hahaha

Jadi step yg gw bisa ambil skrng adalah, ‘dont treat your business trip as your holiday trip’. Walaupun godaan belanja dan makan enak sungguh nyata. Haha.. Buat yg freelancer, boleh dong bagi2 tips ‘Money and time management’ hehe. 
Cinta 
Masih berhubungan dengan umur. Haha. Ternyata semakin kita bertumbuh dewasa, feeling aja tuh gak cukup yah. Jadi inget jaman dulu, asal suka sama suka, rasanya ‘we can conquer all’. 

Tapi seiring berjalannya waktu, kayaknya gak bisa mengandalkan feeling aja yah. Udah harus mikirin kalo mau settle in the future gimana, bisakah cowok ini jadi leader di keluarga, financially stable apa nggak, pihak keluarga oke apa nggak. 

Kmrn ada diskusi menarik dr salah seorang temen, ‘Loh, cinta elo kok jadi conditional? Perlu ada ini dan itu dulu baru mau’ 

Dan di balas oleh salah seorang temen lagi, ‘Bukannya dr awal elo jatuh cinta dngn orng itu sudah conditional yah? Seperti, karakter dia bagus, mangkanya jadi suka. At the end of the day ada traits yang bikin elo suka sama orng itu, dan itu aja udah conditional’ 

Pembicaraan pun menjadi berat. Haha.. emang yg punya unconditional love cuman Tuhan Yesus yah nampaknya.. 

Jadi berpikir nihh, gw mau tanya pertanyaan dongg.. di jawab yahh! *maksa. hahaha

Pernah denger dong quotes yang bilang, ‘Love conquers all’ ?

Menurut kalian, quote ini valid gak sih, kalo misalnya elo beda agama dengan orang yang lagi deket sama lo? atau ketika ada pihak keluarga yang gak setuju dengan kedekatan kalian di karena-kan background family dari salah satu pihak yang agak sedikit complicated? 

Apakah kalian orang yg akan berjuang untuk semua perbedaan ini hanya untuk cinta? #eaaa

Yahh, segini dulu deh kerandom-an update hidup gw kali ini. I pray that everyone is doing well with your body, mind and soul! 

*cabut dulu buat check in pesawat pulang dari Singapore ke Jakarta. Hehe.. Oh iya, buat yg mau jastip lagi, bulan depan saya buka lagi yah PO ke singapore. DM me for more info 🙂 

 

9 thoughts on “Update Hidup 10

  1. Hahaha, yang kantoran pengen freelance, yang freelance pengen kantoran ya Jen 😛 .

    Tapi memang bener sih. Overall semakin kesini kok rasanya makin banyak ada yang dipertimbangkan. Perasaan dulu lebih berani untuk nekad deh, atau nggak mempertimbangkan sebegitu banyaknya pertimbangan, hahaha 😆

    Like

  2. Ci Jend… It’s good to read your post during my break time since you’re the first one coming up on my timeline! Hahaha. Anyway, gue coba jawab pertanyaan lu sesuai pengetahuan gue.

    1. Kerjaan. Umur kita kan mirip2.. Sebenernya gue rada takut sama umur nanggung kya gini krn gabisa main2 lagi utk urusan kerjaan + blom settle2 hahaha. Dulu gue bisa kerja 1-2 th aja trus pindah company, skrg jujur aja gue buka usaha merangkap freelance.. Buka usaha ini bener2 -1 (kalo gabisa dibilang mulai dari 0) krn effort-nya musti extra 20% or even 30%, cm gue yakin, zaman skrg masih banyak yg butuh jasa gue, jd gue PD aja.. Kuncinya keep focus, steady, and marketing-nya kenceng hahaha. Target short term, mid term, long term harus ada, biar track-nya jelas. Buat elu, coba tanya diri sendiri.. Kira2 dalam waktu 3-5 tahun ke depan masih mau MC-ing gak? Prospek kerja gimana? Gue rasa masih OK karena zaman sekarang everything’s celebrated dan mereka butuh jasa MC Professional & Handal kya elu 😀

    2. Time & Money Management. Kalo ini tergantung kebutuhan, gue biasanya sisihin 10% buat gereja krn itu yang gue pelajari. Sisanya lu musti ‘nabung paksa’ Ci, metode nabung di depan gitu.. Terserah patokannya berapa, gue biasanya 10% income, bisa di asuransi, investasi, atau trading. Yg ini lu bener2 musti cari info yg kenceng biar gak ketipu kya bokap gue, gabungin asuransi + unit link selama 10 th masa’ return cm 3jt-an 😦 Sisanya buat kebutuhan lu sehari2 and fancy.

    3. Cinta. Berhubung sesama believer gua jawabnya pake ayat aja ya Ci 😆 Untuk pasangan beda agama, patokan gue masih 1 Korintus 7:12-16. Harusnya dibaca satu perikop.. Biar nyambung antara ayat sebelum dan sesudahnya. Trus, ayat patokan gue lainnya Galatia 5: 22-23.. Eventho beda agama Ci, kalo dia hidup dalam buah2 Roh, gue bakal lanjut.. Karena itu memang standar moral yang seharusnya, even atheis aja tau, masa’ kita yg Kristen gak tau? Ayat patokan gue lainnya Efesus 5:22-33 dikombinasikan dengan Mat 22:40 “Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri.” Ini lebih kepada refleksi pasangan = refleksi diri sendiri. Gua gasuka dicubit makanya gak nyubit. Gua orang yang hemat makanya cari pasangan yg hemat (kalo pasangan boros bawaan berantem mulu). Gua orangnya bersih makanya gasuka cowok jorok. Gitu2 nah coba lo refleksikan diri lo seperti apa, kalo ketemu kurleb 60% aja dari syarat2 yang lo punya (plus visi-misi yang sama), biasanya/harusnya kalian cocok & lanjut..

    Maap panjang ya Ci, just my 2 cents lho ini.. Yg kya begini2 mah harusnya ketemu gak diobrolin di WP wkakak *modus* 😆

    Like

    • wuihh! comprehensive bngttt gee! likee!! hehehehe..

      1. emang lo lagi freelance apa yah? gw kyknya ketinggalan bngt nihh.. udah jarang blog hopping.. huhuuu.. tapi iya sii, coba yah gw renungkan goal gw 3-5 tahun kedepann.. tapi setuju, semua yg mau di mulai itu effort nya harus lebih dr biasa yahh..

      2. iyaa.. 30% nabung itu, aside dari 10% perpuluhan gw ge.. jadi yahh, gw harus cukup gt hidup dr 60% sisanya.. tapi klo mau invest, yah itu.. kudu belajar lagi deh, mana yg baik untuk di invest, udah gw orngnya bukan yg suka beginian lagi. hahaha..

      3. wahh gila! semua ayatt!! iya juga sih yahh, gw gak pernah kpikir loh, apa orng itu hidup dr buah roh apa nggak.. hahaha.. good point bngt ge, thanks for sharing.. ya itu kan dr sisi kita yah.. tapi klo dr sisi keluarga, harus di pikirin dan di doain lagi, soalnya meyakinkan pasangan kita ini baik buat kita itu sangat sulit.. hahaha..

      anyway.. thank you bngt udah komen panjang dan lebar.. appreciate it!! ❤

      Liked by 1 person

      • Ngajar2 private aja gue Ci.. Sama homeschooling (ala2) hahaha. Kebetulan suject yg gue offer emang masih jarang gurunya ato sesuai permintaan ortu/murid aja 😀 hehehe

        Like

    • eitssahh.. iya juga sih ya mann.. walaupun gw belom bisa relate sihh karena belom punya anak. hahaha.. tapi bisa gw lihat dr sekeliling klo parents ke kita itu emang unconditional. tapi kadang suka kelewat sayang juga gak bagus gak sih, bikin anaknya manja bngt dan gak bisa hidup sendiri misalnya, atau malah anaknya jadi trauma gt, gak berani ngapa2ain karena takut parentsnya kawatir dll..

      Like

  3. Kalau sudah ada keberatan dari keluarga mending tinggalkan Jen.. Kedepannya bakal jadi duri dalam daging. Yang pasti2 aja.. Kalo soal financial sih selama pasangannya beneran sayang dan mau kerja keras rasanya cukup ya.Kalau sayang kan pasti mengusahakan yg terbaik buat pasangannya.

    Like

Leave a comment